Jumat, 09 September 2016

Converter


Converter adalah suatu peralatan instrument yang berfungsi merubah besaran sinyal tertentu menjadi besaran sinyal lain. Converter ini diperlukan bila suatu instrument hanya menerima sinyal dengan besaran yang sudah tentu. Bila ada sinyal lain yang tidak sesuai dengan input sinyal instrument tersebut, maka sinyal tadi harus dikondisikan agar sesuai dengan yang dibutuhkan.

1. I/P Transducer (electropneumatic transducer)
I/P Transducer adalah peralatan instrument yang merubah sinyal arus listrik (4 – 20 mA) menjadi sinyal tekanan pneumatic (3 – 15 psig atau 0.2 – 1 kg/cm2).

 
Berikut beberapa contoh I/P tranducer yang sering di gunakan dalam industry proses
  
2. P/I Transducer (Pneumatic to Current Tansducer)
P/I Transducer adalah peralatan instrument yang merubah sinyal tekanan pneumatic (3 – 15 psig atau 0.2 – 1 kg/cm2) menjadi sinyal arus listrik (4 – 20 mA).



3. DAC (Digital To Analog Converter)
DAC (Digital To Analog Converter) adalah perangkat elektronika yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital (diskrit) menjadi sinyal analog (kontinyu). Aplikasi DAC (Digital To Analog Converter) adalah sebagai antarmuka (interface) antara perangkat yang bekerja dengan sistem digital dan perangkat pemroses sinyal analog. Perangkat DAC (Digital To Analog Converter) dapat berupa rangkaian elektronika dan chip IC DAC.
 


4. ADC (Analog To Digital Converter)

ADC (Analog To Digital Converter) adalah perangkat elektronika yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog (sinyal kontinyu) menjadi sinyal digital. Perangkat ADC (Analog To Digital Convertion) dapat berbentuk suatu modul atau rangkaian elektronika maupun suatu chip IC. ADC (Analog To Digital Converter) berfungsi untuk menjembatani pemrosesan sinyal analog oleh sistem digital. ADC banyak digunakan sebagai Pengatur proses industri, komunikasi digital dan rangkaian pengukuran/ pengujian. Umumnya ADC digunakan sebagai perantara antara sensor yang kebanyakan analog dengan sistim komputer seperti sensor suhu, cahaya, tekanan/ berat, aliran dan sebagainya kemudian diukur dengan menggunakan sistim digital (komputer).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar